Selasa, 22 November 2011

"Developing Mathematics Education In Indonesia"

Ditulis oleh Pak Marsigit
Kesimpulan
Karya: Reni Setianingrum/10305141006

Tujuan dari sistem pendidikan meliputi:
(a) meningkatkan pengabdian penuh kepada Allah SWT;
(b) mengembangkan
kecerdasan dan keterampilan individu;
(c) mendorong sikap positif kemandirian dan pengembangan,
(d) memastikan bahwa semua pelajar mengerti.
Di bidang kurikulum, ditemukan bahwa:
(a) banyak guru masih memiliki kesulitan dalam menganalisis isi pedoman untuk program pengajaran (GBPP),
(b) sejumlah mata pembelajaran Matematika dan Sains sering dianggap sulit bagi guru untuk mengajar;
(c) sejumlah besar anak-anak beranggapan bahwa mata pelajaran Matematika dan Sains sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami,
(d) guru menganggap bahwa urutan beberapa mata pelajaran perlu diatur kembali,
(e) guru sains menganggap bahwa aspek-aspek matematika dalam ilmu perlu disederhanakan;
(f) guru menganggap bahwa mereka perlu pedoman untuk melakukan proses mengajar menggunakan ilmu pendekatan keterampilan proses.
Dan untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia dibutuhkan kerjasama dengan negara lain atau lembaga.
Kerjasama antara lembaga pendidikan seperti mencari model alternatif dalam referensi
pengalaman pendidikan dari beberapa negara lain mungkin mendapatkan beberapa manfaat kesempatan untuk:
(a) mendiskusikan
dan meningkatkan pelaksanaan kurikulum meliputi pengembangan buku teks, bahan ajar,metodologi pengajaran, dan penilaian,
(b) memperkaya pengalaman matematika dan ilmu pengetahua
(c) meningkatkan kualitas pengajaran belajar dan mengembangkan laboratorium,
(d) memecahkan masalah matematika
dan ilmu pengetahuan dalam belajar mengajar di sekolah,
(e) merekomendasikan cara-cara untuk meningkatkan matematika
dan pendidikan ilmu pengetahuan, dan
(f) memenuhi harapan masyarakat dari apa yang disebut praktik yang baik dari
matematika dan pendidikan sains.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar