Written by: Dr. Marsigit, M.A., Dr. Hartono, Sahid MSC, & Aryadi Wijaya MSC
Concluding remark
By: Reni Setianingrum/10305141006
Krygowska (1980) dalam Bonomo MFC menunjukkan bahwa matematika harus diterapkan pada situasi alami, di mana masalah nyata yang muncul, dan untuk menyelesaikannya, maka perlu menggunakan metode matematika. Pengetahuan, keterampilan, dan metode matematika merupakan dasar untuk mencapai pengetahuan tentang ilmu pengetahuan, informasi, dan bidang pelajaran lain di mana konsep-konsep matematika adalah pusat, dan maka dari itu perlunya menerapkan matematika dalam situasi kehidupan nyata. Studi ini menemukan bahwa guru memiliki peran penting untuk mendorong siswa mereka untuk mengembangkan metode matematika. Para siswa melakukan metode matematika ketika mereka menemukan kesulitan atau ketika mereka diminta oleh guru. Pada contoh yang sudah diberikan bahwa sebagian besar siswa tercermin bahwa mereka menaruh perhatian pada sempurna Model Beton bentuk geometris. Namun, pertimbangan mereka pada bentuk sempurna dari model tidak menunjukkan bahwa mereka menganggap metode matematika adalah metode satu satu nya untuk memecahkan masalah.
Untuk membuat siswa berfikir secara indusif dan terlibat pemecahan Masalah dan Pemahaman dalam matematika sangatlah susah. Mereka cenderung untuk menegaskan kembali konsep-konsep yang sudah diberikan guru dengan cara mereka. Berpikir induktif mulai tertanam pada siswa jika mereka diberikan permasalahan matematika.
Sementara itu, David Jangkung (2006) menyatakan bahwa keberhasilan dalam pemikiran matematika tergantung pada pertemuan langsung guru dan murid sebelumnya, dengan kompresi untuk konsep yang terpikirkan, dan pembangunan tingkat kecanggihan yang berurutan baik kuat dan sederhana. Dalam penelitian ini, salah satu aspek yaitu penyederhanaan metode matematika terjadi ketika siswa dirasakan bahwa konsep yang dia dapat adalah konsep yang tepat. Mereka juga melakukan penyederhanaan ketika mereka berhenti untuk mencari rumus untuk memecahkan masalah. Mereka kebanyakan menyederhanakan konsep ketika mereka telah mendapat beberapa pertanyaan dari guru, atau, ketika mereka bekerja dalam kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar